Selamat Datang di GPdI Cikarang

Gereja yang terletak di bagian utara kota Cikarang ini hadir untuk melayani jiwa-jiwa yang haus akan Tuhan. Jumlah Kepala Keluarga yang dilayani sekitar 50 KK dan digembalakan oleh Pdt. Yohanes Limuria.

 

 

 

Firman Tuhan : Ibrani 6 : 11 ( Oleh Pdt. Kendy Tahendung )

Pengharapan merupakan suatu kunci untuk meraih segala sesuatu di dalam hidup. Seseorang yang mengalami kehilangan pengharapan, jangan bermimpi untuk bisa meraih sukses.  Pengharapan yang dimaksud dalam penulis sudah tentu pengharapan yang ada di dalam Tuhan. Tidak sedikit anak-anak Tuhan yang meninggalkan iman percaya.

Banyak contoh dan kejadian yang terjadi dimana ketika dibesarkan di dalam lingkungan kekristenan tetapi ketika tumbuh dewasa tidak sedikit yang meninggalkan Kristus. Oleh sebab itu penulis memberikan kita dasar pengharapan kita di dalam Tuhan yaitu sebagai suatu milik yang pasti yaitu pengharapan atas keselamatan yang kekal di dalam Tuhan bukan sekadar hal2 yang lahiriah dan jasmani. Mungkin saat kita akan meninggalkan tahun 2013 ada harapan yang tertunda, mari kita melihat suatu perkara yang besar di tahun 2014 yang akan Tuhan lakukan di dalam kehidupan kita. Tahun depan adalah suatu hal yang indah dan pengharapan yang pasti bagi kita yang telah disediakan Tuhan.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami kehilangan pengharapan yaitu :
1. Banyaknya masalah yang dihadapi.
Apapun masalah kita, Yesus adalah pengharapan kita. ada pujian " ..Yesus harapan jiwaku, Yesus pelepas dosaku.."  Contoh di Alkitab seseorang yang kehilangan pengharapan adalah Elia. Nabi yang dipakai Tuhan dengan luar biasa tetapi kehilangan pengharapan ketika mendengar Izabel akan membunuhnya. Elia menjadi ciut hatinya ketika mengetahui tantangan dan cobaan yang akan dihadapi. Tetapi puji Tuhan, ia lalu kembali kepada Tuhan dan hanya berharap kepada-Nya.Yesaya 41:10, " janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan." Yesaya berkata agar jangan takut ketika berharap kepada Tuhan. Dari hari ke hari Ia menuntun dan menyertai kehidupan kita, memegang tangan kita dan membawa kepada kemenangan.

2. Tidak bangkit ketika mengalami suatu kegagalan.
Semua orang pasti pernah gagal tetapi kita tidak boleh gagal total terhadap kegagalan itu. Ketika kita tidak bangkit dari setiap kegagalan kita maka tidak akan mengalami mujizat dan rencana indah yang Tuhan berikan. Contoh adalah Simson yang bangkit dari kegagalan, ketika ia sudah jatuh dan dimasukkan ke dalam penjara, Simson sadar dan bangkit. Ia meminta agar kali ini saja dia diberi kekuatan untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Ibrani 6:19, " Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir " Adakah anak Tuhan yang tidak mengalami penderitaan dan tidak melewati masa sukar ? Yesus merintis jalan bagi kita supaya kita bisa melihat ada tangan Tuhan yang kuat dan perkasa yang menopang tangan kita dan membawa ke kemenangan.

Marilah kita melihat tahun 2014 sebagai tahun dimana Tuhan berkarya penuh dalam kehidupan kita, baik dalam pendidikan, pekerjaan dan masa depan. Kalau kita gagal, itu bukan karena Yesus. Kalau kita gagal, kita harus intropeksi diri dan melihat firman Tuhan. Ayub berkata bahwa tidak ada satu rencana Tuhan yang gagal. Rancangan Tuhan adalah rancangan damai sejahtera yang memberikan hari depan yang penuh dengan harapan.

Untuk pengharapan di dalam Tuhan maka syaratnya kita harus dekat dengan Tuhan. Dengan demikian menjadikan pengarapan itu tidak sia2. Fenomena saat ini yang terjadi harus diwaspadai dengan dekat dan berada di dalam Tuhan. Hanya dekat Allah saja kita tenang. Tuhan sumber pemberi pertolongan dalam hidup ini. Bila dalam 2013 kita masih sering tidak masuk gereja, maka di tahun 2014 kita harus lebih giat dalam ibadah. Yeremia 17:7, "Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!" Pengharapan kita tidak akan pernah hilang ketika kita terus mengandalkan Tuhan. Ibrani 10:23 " Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia."

Andalkan Tuhan dalam hidup ini supaya pengharapan yang dijanjikan Tuhan menjadi milik kita.

Share
comments