Selamat Datang di GPdI Cikarang

Gereja yang terletak di bagian utara kota Cikarang ini hadir untuk melayani jiwa-jiwa yang haus akan Tuhan. Jumlah Kepala Keluarga yang dilayani sekitar 50 KK dan digembalakan oleh Pdt. Yohanes Limuria.

 

 

 

Konsisten artinya tidak berubah, tidak menurun, tidak goyang.  Orang pada umumnya setia, taat, patuh tetapi berangsur-angsur mulai lemah dan menurun.  Banyak juga para wakil rakyat yang duduk di DPR tidak konsisten. Tetapi dari pembacaan kita hari ini berbeda. Kepahlawanan Yosua selain mengalahkan semua musuhnya dia juga memiliki konsisten iman. Yosua dan seisi rumahnya tidak akan berubah dalam hal ibadah.

Orang Israel yang ada saat itu mulai ikut-ikutan dalam ibadah kepada agama lain. Yosua lalu tampil untuk membangkitkan kembali semangat bangsa Israel untuk kembali beribadah kepada Allah.  Mengapa orang-orang Israel waktu itu tidak konsisten terhadap iman dengan tergoda untuk ikut menyembah agama lain ?


1. Karena adanya tradisi nenek moyang. (Yosua 24:2, " Berkatalah Yosua kepada seluruh bangsa itu: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Dahulu kala di seberang sungai Efrat, di situlah diam nenek moyangmu, yakni Terah, ayah Abraham dan ayah Nahor, b  dan mereka beribadah kepada allah lain "). Bangsa Israel ingin melestarikan tradisi nenek moyang. Tradisi boleh dilestarikan tetapi yang okultisme (penyembahan kepada roh-roh) harus ditinggalkan. Israel saat itu hampir saja ikut-ikutan menyembah dewa lain karena beranggapan bahwa dahulu Abraham juga menyembah allah lain sebelum Allah.

2. Saat itu bangsa yang besar adalah Bangsa Amori sementara Bangsa Israel adalah bangsa minoritas sehingga Bangsa Israel takut dan tidak nyaman dengan status bangsa yang minoritas.  (Yosua 24:15 : "Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori  yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku,  kami akan beribadah kepada TUHAN").

3.Karena saat itu Bangsa Israel beranggapan bahwa di agama lain bisa memberikan keuntungan dan mengganggap baik untuk meninggalkan Allah.  (Yosua 24:15 : "Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN,..). Seringkali keuntungan disekitar menggoda kita untuk tidak konsisten.

Mengapa Yosua bisa konsisten kepada Allah ?

  1. Karena Allah memiliki kasih karunia.  Abraham sebelumnya menyembah allah lain tetapi Allah mengambil Abraham. Allah mau menghampiri dan mengambil orang-orang yang berdosa. Walaupun kita manusia adalah orang kafir dan tersesat tetapi Allah mau datang dan menyelamatkan kita.
  2. Allah adalah dashyat (Elshadai). Kemenangan-kemenangan hebat didaftarkan Yosua untuk mengingatkan Bangsa Israel akan kehebatan Allah dan bukan karena kekuatan Bangsa Israel (Yosua 24:5-12). Allah Israel adalah Allah yang hebat dan luar biasa.
  3. Allah adalah Allah yang menyediakan (Yehova Jireh). Allah yang menyediakan berkat dengan berlimpah-limpah tanpa bersusah payah (Yosua 24:13).
  4. Allah penguasa kehidupan (Yosua 24:16-18).

Share
comments