Selamat Datang di GPdI Cikarang

Gereja yang terletak di bagian utara kota Cikarang ini hadir untuk melayani jiwa-jiwa yang haus akan Tuhan. Jumlah Kepala Keluarga yang dilayani sekitar 50 KK dan digembalakan oleh Pdt. Yohanes Limuria.

 

 

 

Kisah Para Rasul 12: 1-5 (Oleh Pdt. Yohanes Limuria).

Doa bukan sekadar kita mempunyai hubungan dengan Tuhan tetapi doa juga mempunyai kuasa. Suatu kali murid-murid Tuhan ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Terhadap kejadian ini ternyata orang-orang yang tidak percaya kepada Yesus menjadi senang. Raja lalu berniat membunuh Petrus dengan cara menangkap Petrus terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam penjara. Kemudian Petrus lalu ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara dengan dijaga oleh 4 regu pengawal.

Bila kita mengalami kejadian seperti Petrus, tentulah kita akan menjadi sangat takut namun sebaliknya ternyata Petrus tidak merasa kuatir bahkan ia dapat tidur malam itu dengan nyenyak padahal badan dan kakinya dirantai. Bila saat ini kita dirantai oleh persoalan apapun bahkan mungkin masalah tersebut sedang membelenggu hidup kita, mari kita datang kepada Allah, Tuhan yang kita sembah sangat luar biasa membantu dan menolong kita.  Kuasa Tuhan mampu mengubah dan membuka pintu penjara bahkan rantai yang membelenggu Petrus. Allah yang sama juga mampu membuka pintu persoalan dan pergumulan kita.

Kemudian Malaikat datang dan membangunkan Petrus, maka rantai yang mengikat Petrus menjadi putus. Malaikat lalu mengajak Petrus keluar dan pintu-pintu penjara terbuka dengan sendirinya. Bila Tuhan yang membuka jalan, tidak ada yang bisa menutupnya. Mengapa Tuhan harus membangunkan Petrus ? Tujuannya agar Petrus percaya bahwa hal itu adalah penyertaan dari Tuhan dan bukan dari penglihatan atau mimpi.  Bila Petrus tertidur, ia tidak akan melihat mujizat yang dilakukan Tuhan.

Pertanyaannya mengapa Petrus bisa mengalami mujizat tersebut ? Ternyata ada jemaat yang mendoakan Petrus (ayat 5).  Jemaat yang selama ini dipimpin oleh Petrus ternyata mendoakannya terus menerus. Doa bisa mendatangkan mujizat. Doa adalah kunci untuk terbebas dari belenggu dan rantai masalah. Rupanya jemaat dari Petrus berdoa dengan sungguh-sungguh. Mereka datang dan merendahkan diri dihadapan Tuhan. Mereka tahu bila menghadap raja adalah tidak mungkin dilakukan apalagi bila jemaat yang dipimpin oleh Petrus tersebut mau menyerbu penjara dan melawan tentara orang Yahudi. Hanya dengan doa ternyata mampu sampai ke Sorga. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh besar kuasanya (Yakobus 5:).Ketika kita menghadapi masalah, mari kita menyerah dan mengangkat tangan kita ke atas tanda berserah kepada Tuhan maka tangan Tuhan turun untuk membantu dan menolong kita.

Doa juga perlu kesabaran. Ada orang yang salah berdoa dengan memaksa Tuhan memenuhi kehendaknya. Dalam ayat 5, jemaat yang dilayani Petrus tekun berdoa. Dapat diartikan bahwa mereka terus menerus berdoa. Mungkin kita meminta agar Tuhan menolong kita sekarang tetapi ternyata tidak terwujud dan kita menjadi kecewa tetapi yang perlu diingat bahwa  waktu Tuhan selalu tepat dalam melawat dan menolong kita. Ketika Yesus membangkitkan Lazarus, mungkin saudara-saudaranya berkata bahwa Yesus terlambat dalam menolongnya tetapi rencana Tuhan berbeda, Dia membangkitkan Lazarus. Pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat dalam menolong umat-Nya.

Yosua 10:12-14, Yosua meminta kepada Tuhan agar matahari berhenti bergerak karena musuh masih banyak dalam berperang melawan orang Amori. Tuhan mendengar dan melakukan apa yang diminta oleh Yosua. Kejadian ini belum pernah terjadi Bila kuasa Tuhan bekerja, tidak perlu mencari jalan keluar yang lain, Dia yang menyediakan segalanya.

Mungkin saat ini kita datang dengan beban pertolongan, marilah membuka hati dan bertekun dalam doa maka kita pasti akan dilawat Tuhan, sama seperti Petrus.

 

Share
comments