Selamat Datang di GPdI Cikarang

Gereja yang terletak di bagian utara kota Cikarang ini hadir untuk melayani jiwa-jiwa yang haus akan Tuhan. Jumlah Kepala Keluarga yang dilayani sekitar 50 KK dan digembalakan oleh Pdt. Yohanes Limuria.

 

 

 

Firman Tuhan : Lukas 10:25:37 (oleh Pdt. Yohanes Limuria)

Suatu kali Yesus ditanya oleh Ahli Taurat, apa yang harus dilakukan untuk memperoleh hidup kekal ? Yesus menjawab agar mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap akal budi dan mengasihi sesama manusia seperti mangasihi diri sendiri.

 

Ahli Taurat lalu menanyakan siapakah manusia itu ? perumpaan yang diberikan Yesus adalah seperti seorang manusia yang turun dari Yerusalem ke Yerikho. Beberapa contoh dalam Alkitab yang dapat dipelajari apabila pergi meninggalkan Tuhan :

1. Lot saat berseteru dengan Abraham, memilih lembah Zoar. Lot berkeinginan untuk berpisah dengan Abraham dan pada akhirnya ia mengalami penderitaan yang luar biasa di lembah tersebut. 

2. Elimelekh adalah orang yang dekat dengan Tuhan dan mengerti akan janji-Nya. Ketika kelaparan mengepung kota Betlehem,Elimelekh malah meninggalkan kota Betlehem dan menuju ke Moab. Dalam Kejadian 19:35-37, Moab berbicara tentang hawa nafsu, anak yang dilahirkan dari ayah dan anak sendiri. ketika sampai di Moab, tidak lama kemudian Elimelekh meninggal, kemudian kedua anaknya Mahlon dan Kilyon juga meninggal.

3. Anak yang terhilang yang meminta hak bagian dari warisan ayahnya lalu pergi meninggalkan orang tuanya untuk hidup berfoya-foya. Pada akhirnya ia hidup menderita bahkan ingin memakan makanan babi. 

Ketiga contoh tersebut merupakan akibat yang akan terjadi apabila kita meninggalkan Tuhan. Dalam Ibrani 10:25, agar kita tidak menjauhkan diri dari pertemuan ibadah dan lebih giat lagi menjelang kedatangan Tuhan. Dalam I Timotius 4:8, Ibadah memiliki keuntungan ganda yaitu memiliki janji untuk hidup yang akan datang. Dalam 2 Petrus 3:18, Tuhan meminta agar kita bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan. Bila sebelumnya kita setia dalam Tuhan, maka saat ini kita harus lebih baik lagi dalam pelayanan kepada Tuhan.

Orang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho, ia mengalami kerampokan, dipukuli dan disiksa hingga setengah mati. lalu datanglah imam yang lewat dekat orang tersebut  tetapi imam itu tidak mau menolong. Kemudian datang juga orang lewi yang lewat dekat orang tersebut tetapi orang lewi itu juga tidak menolong. Kemudian Samaria yang lewat dekat orang yang setengah mati, ia merasa kasihan lalu menolong orang tersebut. Orang Samaria lalu membalut luka orang tersebut,memberi minyak dan anggur dan mengangkatnya ke atas keledai untuk membawanya ke penginapan untuk dirawat. Orang Samaria lalu memberikan uang 2 dinar kepada pemilik penginapan dan berjanji untuk kembali dan membayar kekurangannya apabila uang yang diberikan ternyata masih kurang.

Siang ini, Tuhan tahu kita sedang bergumul dalam permasalahan, Dia akan menyatakan belas kasihan kepada kita. Dalam 1 Korintus 7:23 kita telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar oleh sebab itu jangan menjadi hamba manusia. Orang Samaria yang baik hati menggambarkan Yesus yang menolong dan melawat kita dari dosa dan pelanggaran kita.

Share
comments